03 January 2013

Cara Mudah Menentukan Nomor Klasifikasi Buku/Bahan Pustaka

        Buku Baru yang datang ke perpustakaan harus segera diolah agar koleksi tersebut segera dapat digunakan oleh pemustaka perpustakaan tersebut. Kegiatan pengolahan bahan pustaka meliputi beberapa kegiatan inti seperti, pengecekan, inventarisasi, penentuan nomor klasifikasi, pelabelan, pemasukkan data bibliografi ke computer (bagi yang sudah automasi) dan lain-lain sampai dengan penyamakan. Berbagai kegiatan tersebut memang sangat menyita waktu karena harus dilakukan dengan teliti agar tidak terjadi kesalahan. Agar proses pengolahan yang dilakukan berjalan sedikit lebih cepat dari biasanya, maka kita harus mempercepat proses dari salah satu kegiatan pengolahan, seperti kegiatan menentukan nomor klasifikasi Buku/Koleksi.
      Ada cara baru yang sering saya pakai dalam menentukan Nomor Klasifikasi Bahan Pustaka/Buku baru koleksi Perpustakaan saya. Bagi Para Pustakawan khususnya Bagian Penentuan Nomor Klasifikasi Buku yang notabene selalu mengolah koleksi buku dalam jumlah yang besar, semoga hal ini dapat membantu ketika anda sedang dikejar deadline untuk segera menyelesaikan pekerjaan anda tersebut. Cara ini dapat digunakan pada penomoran system DDC/LC. Bagi pengguna DDC, penggunaan DDC (Dhewey Decimal Classification) masih digunakan untuk mengecek apakah nomor tersebut telah sesuai dengan penomoran dalam DDC.
      Cara ini juga dapat digunakan untuk mengetahui apakah koleksi tersebut sudah ada di perpustakaan kita (asalkan database buku/OPAC sudah terhubung atau terkoneksi dengan internet).
Cara yang dapat digunakan adalah sebagai berikut:
1.       Yang pertama yang dilakukan adalah mengecek apakah di Katalog dalam terbitan sudah ada nomor klasifikasi atau belum.
Apabila sudah ada nomor klasifikasi di Katalog Dalam Terbitan (KDT), maka kita tidak perlu mencari lagi Karena kita bisa menggunakan itu untuk mempersingkat waktu.

2.       Apabila tidak ada, anda dapat menggunakan search engine yang terkoneksi internet seperti yang saya lakukan berikut:
Melalui search engine google, ketikkan data bibliografi buku yang akan dicari nomornya, kemudian tambahkan tanda + (tanpa spasi) kemudian saya ketikkan OPAC (tanpa spasi) lalu enter.

(contoh: manajemen pemasaran+OPAC) lalu enter
Dapat juga menggunakan pengarang ataupun nomor ISBN koleksi tersebut.

misalkan kita mau mencari nomor klasifikasi untuk buku ini:


Bruce R. Munson, Donald F. Young, Theodore H. Okiishi
Tahun2004
Halaman564
PenerbitErlangga
KategoriBuku › Teknik & Ilmu Pengetahuan › Matematika & IPA



Kata kunci yang diketikkan adalah :
Munson+Mekanika Fluida+OPAC




Disitu akan muncul OPAC dari berbagai perpustakaan yang ada di seluruh dunia, anda dapat menggunakan nomor yang ada di perpustakaan tersebut, untuk kemudian di cek dengan nomor yang ada di DDC/LC. Setelah nomor yang anda cek tadi memang bisa digunakan, maka anda dapat menggunakan nomor tersebut.
3.       Untuk mengetahui apakah koleksi yang akan diolah tadi apakah sudah ada di perpustakaan atau belum, maka ketikan OPAC tadi dapat ditambah dengan sistem automasi yang dijalankan di perpustakaan anda (Tapi memang kebanyakan program automasi perpustakaan sudah terdapat fitur pengecekan seperti ini).
Misalkan saja di perpustakaan anda menggunakan SENAYAN
Manajamen Pemasaran+OPAC+senayan

      Semoga cara-cara tadi dapat mempermudah para pengklasifikai koleksi perpustakaan sehingga waktu pengolahan bahan pustaka menjadi lebih singkat.. Sekian, Terima Kasih


3 comments:

Post a Comment

Copyright © 2014 Blog1985. All Rights Reserved. Template by CB Blogger. Powered by Blogger.