30 August 2013

Penjelasan Penerimaan CPNS dengan sistem CAT (Computer Assisted Test)

Mungkin masih banyak calon peserta Penerimaan CPNS yang belum mengerti apa dan bagaimana sistem CAT yang akan diterapkan untuk penerimaan CPNS Tahun ini. Di sini, penulis akan mencoba menjelaskan pengertian, proses, maksud dan tujuan sistem penerimaan CAT yang penulis ambil dari beberapa sumber.

Menurut BKN, Sistem Rekrutmen CAT adalah suatu metode seleksi dengan alat bantu computer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS. Standar Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) diperlukan untuk mewujudkan profesionalisme Pegawai Negeri Sipil. Untuk menjamin Standar Kompetensi Dasar CPNS dilakukan Tes Kompetensi Dasar melalui Computer Assited Test.
Maksud dan Tujuan
-          Mempercepat proses pemeriksaan dan laporan hasil ujian
-          Menciptakan standarisasi hasil ujian secara nasional
-          Menetapkan standar nilai

Keunggulan/Manfaat Penggunaan CAT
  1. Peserta tes dapat mendaftarkan melalui internet
  2. Peserta tes dapat dinilai langsung sesuai dengan hasil yang diperoleh
  3. Komputer menyediakan keseluruhan materi soal Kompetensi Dasar (Tes Pengetahuan Umum, Tes Bakat Skolastik dan Tes Skala Kematangan)
  4. Penilaian dilakukan secara obyektif
  5. Peserta ujian dapat mengakses dengan mudah terhadap pencapaian hasil (skor) yang diperoleh
Berikut ini merupakan gambaran sebuah ruang CAT yang akan digunakan untuk penyelenggaran rekrutmen CPNS dengan sistem CAT :

Gambar 1. Ruang CAT


 Gambar 2. Ruang Observasi CAT


Gambar 3. Peserta CAT


Berikut ini merupakan skema Alur dan Seleksi penyelenggaran rekrutmen CPNS dengan sistem CAT :

Seleksi Administrasi
Menurut Jadwal yang ada , Pengumuman penerimaan, Pendaftaran Pelamar, dan Seleksi Administrasi akan diselenggarakan pada tanggal 1 s/d 28 September 2013. Pada saat penerimaan diumumkan, akan terdapat persyaratan yang harus dipersiapkan dan dikirimkan kepada pihak penyelenggara penerimaan CPNS (Pusat Tes Kompetensi Dasar). Ada baiknya, mulai dari sekarang calon peserta mempersiapkan berkas yang akan dikirimkan untuk melengkapi persyaratan penerimaan CPNS

Ujian Dengan CAT
Untuk Peserta yang lolos Seleksi Administrasi akan dapat mengikuti Ujian CAT ini. Tentu Peserta harus sudah siap dengan materi yang akan diujikan

Sertifikasi Kelulusan
Apabila melihat dari skema, peserta yang lulus Tes Kompetensi Dasar akan disertifikasi. Sertifikasi ini dapat berbentuk sertifikat, atau mungkin dalam bentuk data yang dimiliki oleh BKN atu mungkin dapat dalam bentuk lain yang dirasa lebih efisien. Sertifikasi ini berlaku 2 tahun, sehingga dapat digunakan untuk tahun selanjutnya.

Tes Kompetensi Bidang
Pada Tes ini, Peserta akan mengikuti ujian sesuai dengan bidang pendidikan yang dimliki oleh peserta, tentu saja bidang tersebut sesuai dengan formasi yang dibutuhkan.

CPNS
Lulus menjadi CPNS merupakan harapan setiap peserta. Pada Tahap ini Peserta Lulus Seleksi CPNS akan diminta untuk mempersiapkan berkas-berkas untuk pengurusan SK CPNS yang didalamnya akan memuat NIP CPNS tersebut. Seiring berjalannya waktu CPNS tersebut akan menjadi PNS setelah mengikuti Prajabatan.

Demikian, Semoga bermanfaat.....




0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2014 Blog1985. All Rights Reserved. Template by CB Blogger. Powered by Blogger.