14 February 2013

Klasifikasi Bahan Pustaka "NASIONAL INDONESIA"

     Dari tulisan saya kemarin yang berjudul Cara Mudah Menentukan Nomor Klasifikasi Buku/Bahan Pustaka beberapa waktu lalu, kemudian muncul gagasan yang mungkin agak menggelitik untuk coba dikembangkan lagi agar menjadi sebuah jalan yang lebih memudahkan bagi para pengklasir (pustakawan klasifikasi bahan pustaka)
       Memang sudah ada panduan atau acuan yang digunakan untuk menentukan nomor klasifikasi, seperti DDC dan LC. Namun tetap saja sebuah buku mungkin memiliki dua atau tiga atau bahkan banyak nomor klasifikasi. Nomor klasifikasi yang banyak ini muncul karena tiap perpustakaan dapat menentukan nomor klasifikasi sendiri untuk buku tersebut. Hal ini merupakan akibat dari banyak permasalahan misalkan edisi DDC yang berbeda di tiap perpustakaan kemudian Perpustakaan PT, Perpustakaan Sekolah, Perpustakaan Khusus memiliki pengklasir sendiri, sehingga penentuan nomor pun terkesan subyektif dari pengklasir tersebut. Hal ini tentu dapat membuat pemustaka menjadi bingung ketika seseorang mencari sebuah judul buku di bebeberapa perpustakaan.
        Untuk itu, perlu dibangun sebuah "Klasifikasi Nasional Indonesia" agar tiap-tiap buku, memiliki nomor yang sama di setiap perpustakaan di Indonesia. Klasifikasi Nasional ini tidak bermaksud untuk menggantikan DDC atau LC yang sudah familiar kita pakai. Akan tetapi yang dimaksudkan di sini adalah dengan membangun sebuah pangkalan data nomor klasifikasi. Pangkalan data nomor klasifikasi buku ini dapat diakses melalui interne toleh para pengklasir. Pengklasir tinggal memasukkan data buku semisal judul buku, kemudian dia sudah dapat mendapatkan nomor klasifikasi buku tersebut. Hal ini tentu dapat mempercepat proses pengkasifikasian buku dan juga menyeragamkan nomor klasifikasi suatu bahan pustaka, sehingga pemustaka dapat mengetahui secara jelas bahwa buku "A" memiliki nomor klasifikasi "1" dan itu sama di tiap perpustakaan.
       Untuk membangun sebuah pangkalan data nomor klasifikasi memang dibutuhkan sebuah bagian/divisi atau badan yang dipelopori oleh institusi pemerintah yang memang secara khusus dimaksudkan untuk menyediakan layanan tersebut. Hal-hal yang dibutuhkan untuk membangun Klasifikasi Nasional Indonesia antara lain:
  • Pengklasir/pustakawan ahli
  • Divisi/bagian atau Badan penyaji Nomor Klasifikasi Nasional indonesia; mulai pengklasir, server,
  • Perangkat komputer dan jaringan yang terkoneksi internet 
  • Untuk data buku dapat diperoleh dari buku yang sedang dimintakan nomor ISBN
       Mungkin masih banyak lagi yang dibutuhkan misalkan fitur, ijin dari pihak DDC dan juga LC ataupun hal lain, tetapi hal ini mungkin saja dapat dikembangankan menjadi sebuah katalog Nasional Indonesia, sehingga tiap perpustakaan dapat mengambil data bibliografi secara lengkap melalui sebuah database... 
Ini hanya sebuah tulisan dari sebuah gagasan... mungkin masih banyak sekali kekurangan karena keterbatasan pengetahuan dan pengalaman dari saya.. Mohon dimaklumi untuk dibenarkan....:-)


1 comments:

abdul ghofur said...

saya setuju dengan idenya pak,,

Post a Comment

Copyright © 2014 Blog1985. All Rights Reserved. Template by CB Blogger. Powered by Blogger.